Minggu, 09 Maret 2014

3.3 MENCARI AKAR AKAR PERSAMAAN KUADRAT

Algoritma Pemograman – Flowchat dan Program Akar Persamaan Kuadrat | Postingan kali ini saya share tentang Permasalahan Akar Persamaan Kuadrat. Ketentuan yang harus dipenuhi yaitu :


  • Dengan bentuk umum persamaan kuadrat Ax2 + Bx + C = 0, A tidak samadengan 0.
  • B 2-4AC < 0 akan diperoleh akar imajiner.
  • Input : Koefisien A, B dan C. harus bilangan real.
  • Proses : ada 3 alternatif ;
B 2-4AC, yaitu harganya 0, positif dan negatif.
  • Output : Nilai akar berdasarkan rumus.

Dari ketentuan diatas pertama kita buat flowchatnya dengan bantuan software raptor, menjadi :
Dari Flochart diatas kita masukan ke salah satu kompiler, disini saya menggunakan dev C++ :
#include
#include
using namespace std;
int main()
{
   string raptor_prompt_variable_zzyz;
   int hasil;
   float x2;
   float x1;
   float b;
   float c;
   float disk;
   float a;
   cout << "Bentuk Persamaannya " << endl;   cout << "Ax^2 + Bx + C = 0" << endl;   while (1)
   {
      raptor_prompt_variable_zzyz =”Masukan Niali A : “;
      cout << raptor_prompt_variable_zzyz << endl;
      cin >> a;
      raptor_prompt_variable_zzyz =”Masukan Niali B : “;
      cout << raptor_prompt_variable_zzyz << endl;
      cin >> b;
      raptor_prompt_variable_zzyz =”Masukan Niali C : “;
      cout << raptor_prompt_variable_zzyz << endl;
      cin >> c;
      if (a>0 || a<0) break;
      cout << "Bukan persamaan kuadrat" << endl;   }
   disk =(b^2)-(4*a*c);
   if (disk<0)
   {
      hasil =”akar imajiner”;
   }
   else
   {
      if (disk==0)
      {
         x1 =-b/2*a;
         x2 =x1;
      }
      else
      {
         x1 =-b+sqrt(disk)/2*a;
         x2 =-b-sqrt(disk)/2*a;
      }
      hasil =x1<<" dan "<<x2;
   }
   cout << hasil << endl;
   return 0;
}

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

 

Followers

 

Blogroll

Templates by ridha ammi | CSS3 by David Walsh | Powered by {N}Code & Blogger